Home / Daerah / Darurat Corona, Jalanan di Kota Mojokerto Diguyur Cairan Disifektan
Mobil PMK sedang menyemprotkan cairan disinfektan di jalanan Kota Mojokerto

Darurat Corona, Jalanan di Kota Mojokerto Diguyur Cairan Disifektan

MOJOKERTO, TEROPONG – Pemkot Mojokerto, melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh tempat-tempat publik. Hal ini guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Tak hanya di kantor-kantor pelayanan publik, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di sepanjang jalanan Kota Onde-onde tersebut. Seperti yang dilakukan pada hari Rabu (25/3/2020). Petugas melakukan penyemprotan di sepanjang Jalan Majapahit, Kota Mojokerto.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan petugas menggunakan mobil pemadam kebakaran. Dalam sehari, sebanyak 8.000 liter cairan disinfektan disiapkan proses sterilisasi ini. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona yang mewabah diberbagai daerah. “Hari ini sasaran penyemprotan disinfektan yakni di sepanjang Jalan Majapahit, Raden Wijaya, Jalan Pahlawan hingga ke Alun-alun Kota Mojokerto. Ada 8.000 liter disinfektan yang kita siapkan,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto, Heriyana Dodik Murtono.

Mantan Kabag Humas Pemkot Mojokerto itu menuturkan, penyemprotan disinfektan akan dilakukan di sepanjang jalanan Kota Mojokerto. Ia mentargetkan selama tiga hari kedepan, penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Kota Mojokerto itu, akan rampung selama tiga hari kedepan. “Semua jalan protokol akan dilakukan penyemprotan secar bergilir. Minggu ini akan kita lakukan selama tiga hari. Setelah semua jalan selesai, pekan depan akan kita lakukan penyemprotan kembali. Jadi secara berulang,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengungkapkan, penyemprotan disinfektan ini sudah dilakukan Pemkot Mojokerto sejak beberapa hari lalu. Hanya saja, keterbatasan alat, dan bahan disinfektan, menjadikan proses penyemprotan tidak bisa dilakukan secara serentak. “Kegiatan desinfeksi sudah kita lakukan masif selama kurang lebih 8 hari terakhir. Karena ketersediaan disinfektan terbatas, tenaganya juga terbatas, kita berjenjang mulai sekolah-sekolah, tempat ibadah, kantor OPD, hari ini tadi juga kelenteng dan beberapa gereja,” katanya.

Walikota Mojokerto yang biasa disapa Ning Ita itu menyebut, khusus di Pasar Tanjunganyar, Kota Mojokerto, penyemprotan bakal dilakukan pada malam hari nanti. Sebab, pada malam hari sejumlah kendaraan pemasok bahan makanan dari luar Kota Mojokerto bakal berdatangan. Dengan demikian diharapkan penyebaran virus Corona bakal mampu diatasi. “Termasuk di pasar akan kita semprot disinfektan. Yang akan masuk ke pasar, kita semprot kendaraannya. Yang lebih masif nanti malam hari. Karena banyak kendaraan pemasok dari luar daerah yang datang malam hari,” imbuhnya.

Kendati demikian, Ning Ita menyatakan jika upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. Untuk itu, ia berharap masyarakat bersedia untuk turut serta melawan penyebaran virus Corona dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. “Kita imbau kepada masyarakat karena tugas pencegahan corona bukan hanya tugas dari pemerintah, tapi semua masyarakat memiliki tugas yang sama. Sehingga dibeberapa lingkungan masyarakat sudah mulai swadaya melakukan penyemprotan dengan melibatkan babinsa dan babinkamtibmas,” tandas Ning Ita. (husnan)

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Baca Juga

Tanggap dan Peduli Covid-19, Partai Nasdem Bagikan Hand Sanitizer Seacara Gratis

NGANJUK, TEROPONG – Virus Corona yang saat ini sedang menyebar di seluruh pelosok, serta tergolong ...