Home / Investigasi / Proyek Jembatan Bentang Darmo Indah Gunakan U-DitchBekas, PPK Dinas PU dan Pematusan Loyo
U-ditch yang dipasang di Proyek Jembatan Darmo indah menggunakan U-ditch bekas

Proyek Jembatan Bentang Darmo Indah Gunakan U-DitchBekas, PPK Dinas PU dan Pematusan Loyo

SURABAYA-Proyek jembatan bentang seluas 8 meter yang berada di Darmo Indah, harus segera dibongkar. Pasalnya, u-dicht yang dipakai sebagai landasan, ternyata menggunakan barang bekas yang diaci ulang alias grotting.

Menurut pengamatan wartawan TEROPONG di lapangan, proyek jembatan bentang di Darmo Indah dimenangkan oleh CV Damar Wulan dengan nilai kontrak Rp 923.905.000.00. Sementara sebagai konsultan yang ditunjuk Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan Pemkot Surabaya adalah CV Putra Jaya Engineering.

Besi yang dipakai untuk pengecoran, menggunakan besi bekas

Selaku PPK Pendestrian adalah Ganjar. Proyek yang didanai APBD 2018 diperkirakan tidak akan tuntas pada Desember 2018, karena tanggal kontrak dimulai pada 14 Agustus 2018. Proyek top bottem tersebut layak disorot. Pasalnya, diduga kontraktor tidak memberi lantai kerja maupun pengelasan pada u-dicht penutup.

Dipastikan nanti akan membahayakan pengguna jalan, karena u-ditch yang dipergunakan tidak sesuai prabikasi. Disisi lain, sesuai gambar yang dimiliki wartawan TEROPONG, pada pemasangan batu kali, seharusnya dilakukan astampeng atau pembuatan pondasi. Bisa jadi suatu ketika pemasangan batu kali akan ambrol, karena pemasangannya tidak sesuai prosedur atau gambar yang diberikan oleh bidang pendestrian Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan Pemkot Surabaya. Ini merupakan tamparan bagi Ganjar selaku PPK, apalagi kalau melihat direksi keet yang mirip kandang kambing.

Sesuai gambar, seharusnya pemasangan batu kali diawali dengan astampeng alias diberi pondasi

Sekedar diketahui, bahwa Dinas PU dan Pematusan sudah menganggarkan untuk pembuatan direksi keet. Tidak adanya pelaksana di lapangan maupun pengawasan dari dinas, menunjukkan kinerja bidang pendestrian sungguh memprihatinkan.

Proyek jembatan bentang di Darmo Indah layak disorot instansi terkait, diantaranya Kejaksaan dan Polda Jatim, karena bakal merugikan negara.

Pujo selaku kontraktor berkali kali dihubungi wartawan TEROPONG untuk di konfirmasi, tapi tidak mau menerima. Sama halnya dengan Ganjar selaku PPK juga tidak mau menerima wartawan TEROPONG saat dikonfirmasi via selulernya. (yok/Jak)

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Baca Juga

Luar Biasa Proyek Jembatan di Darmo Indah Bisa di Adendum 2 Kali? Kebijakan Kabid Pengawasan Layak Dipertanyakan

SURABAYA-Proyek jembatan bentang seluas 8 meter yang berada di Darmo Indah, menjadi perhatian publik. Pasalnya, ...