Home / Sorot / Pembangunan Jembatan Desa Sanggrahan Diduga Diborongkan dan Menyimpang dari RAB?

Pembangunan Jembatan Desa Sanggrahan Diduga Diborongkan dan Menyimpang dari RAB?

NGANJUK, TEROPONG – Pembangunan Jembatan di Desa Sanggrahan, kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, yang sumber dana dari Dana Desa (DD) diduga tidak sesuai dengan RAB yang ada.

Jembatan yang dibangun diatas sungai untuk akses jalan warga itu, dianggarkan dari DD sebesar Rp224 juta, yang rencana awal kontruksinya memakai besi, tetapi setelah pengerjaan dialihkan ke pengecoran.

Jogo Tirto, selaku Kaur Perencanaan Desa Sanggrahan, Kamis (13/2/2020) saat ditemui teropong mengatakan, “jembatan yang awalnya itu direncanakan memakai besi dalam pembangunannya sekarang berubah di cor. Itu sudah ada kesepatan saat rapat oleh pemerintah desa dengan anggaran yang sama, jelas Kaur Perencanaan Desa Sanggrahan ini.

Saat disinggung mengenai pengerjaan jembatan diborongkan oleh pemborong bbg (inisial,red), sesuai Peraturan Kemenkeu tahun 2018 bahwa Dana Desa dalam pengerjaan tidak boleh diborongkan, serta bagaimana dengan spj (surat pertanggung jawaban) nya?.

Menanggapi masalah ini, Jogo Tirto mengatakan, kalau diborongkan itu hanya tenaga teknisnya, tetapi untuk pekerja ya diambilkan dari Desa sendiri, dan itu juga instruksi kepala desa. Kalau untuk spj ya nunggu dari bbg, selaku pemborongnya,” kata Jogo Tirto.

Sementara itu, menanggapi adanya pengerjaan jembatan yang dikerjakan oleh pemborong dan rencana awal memakai besi sekarang dicor, Kades Sanggrahan saat ditemui teropong mengatakan, itu hanya tenaga yang ahlinya, dan saya juga mengikuti petunjuk dari Bayu, Kasi Pem Kecamatan, bahwa pengerjaan Rp200 juta ke atas harus ada penyedia jasa kontruksinya. Kalau untuk awalnya besi sekarang menjadi cor mengingat akses jalannya untuk menurunkan besi serta membawanya kelokasi susah.

Dia menambahkan, kalau masalah spj tidak ada perubahan, ya tetap laporannya hanya untuk membangun jembatan, tidak ada jembatan cor atau besi,” kata Kades Sanggrahan saat di kantor Kecamatan Gondang. (sony)

 

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Baca Juga

Atasi Banjir di Tanggulangin, Kapolresta Sidoarjo Kordinasi dengan BPBD Kabupaten Sidoarjo Terkait Pengoperasian Pompa Air 

SIDOARJO, TEROPONG-Banjir yang tak kunjung surut di Desa Kedungbanteng dan Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten ...